13 Pesawat Terbang dengan Bentuk Aneh


Pesawat terbang tidak hanya seperti yang biasa kita lihat di bandara atau yang lalu lalang di atas rumah kita. Banyak sekali pesawat yang didesain dengan bentuk yang tidak biasa. Ada yang memang memiliki misi tertentu, ada yang berupa pesawat eksperimental, ada pula yang hanya iseng untuk hiburan.

Berikut adalah 13 pesawat terbang berbentuk aneh yang benar-benar ada di dunia :

1. Airbus Beluga

Airbus Beluga    |     http://www.fondos10.net/


Airbus Beluga adalah pesawat peroduksi perusahaan pesawat terbang asal Eropa, Airbus Company. Keunikan dari pesawat ini adalah body-nya yang mengembung. Beluga memang dibuat sebagai pesawat pengangkut oversized cargo dan spare part pesawat lain. Beluga hanya diproduksi 6 buah di dunia. Beluga adalah modifikasi dari pesawat Airbus A300. Nama Beluga sendiri diambil dari nama ikan paus Beluga yang bentuknya mirip pesawat ini.

Kategori : Cargo
MTOW (Maximum Take-off Weight) : 341.713 lb
Wing span : 44.84 m


2. Dornier DO-31
Dornier DO-31    |    http://www.diseno-art.com/

Dornier DO-31 adalah pesawat jet transport buatan Jerman Barat yang dibuat pada 1967. Selain desainnya yang retro, keunikan pesawat ini adalah kemampuannya untuk melakukan take-off dan landing secara vertical (seperti helikopter). Fitur ini jarang dimiliki oleh pesawat penumpang.

Kategori : Passenger
MTOW : 27.422 kg
Wing span : 18 m


3. Grumman X-29
Grumman X-29    |     www.aircraftcompare.com
 
Grumman X-29 adalah pesawat eksperimental yang dibuat tahun 1984 oleh Grumman. Pesawat ini dioperasikan oleh NASA dan US Air Force. Keunikan dari pesawat ini adalah sayapnya yang swept-forward ekstrem. Konfigurasi sayap ini kurang baik untuk kestabilan pesawat sehingga jarang digunakan. Diperlukan sistem kontrol yang canggih untuk mendapatkan kestabilannya.

Kategori : Eksperimental
MTOW : 8.070 kg
Wing span : 8.29 m


4. Proteus
Proteus    |    spinoff.nasa.gov
 
Proteus adalah pesawat eksperimental hasil desain Burt Rutan. Bentuk pesawat ini memang tidak biasa. Pesawat ini menggunakan 2 buah sayap atau disebut tandem-wing. Pesawat ini termasuk jenis High Altitude Long Endurance (HALE) aircraft. Proteus digunakan untuk menguji telekomunikasi high altitude. Pesawat ini hanya diproduksi 1 buah pada 1998 dan masih beroperasi hingga saat ini.

Kategori : Eksperimental
MTOW : 5670 kg
Wing span : 13.65 m


5. NASA M2-F1
NASA M2-F1   |    upload.wikimedia.org
 
Pesawat ini sering dujuluki flying bath tub karena bentuknya yang aneh. Pesawat ini tidak bermesin dan untuk bisa terbang perlu ditarik pesawat lain. Selain itu, pesawat ini tidak memiliki sayap. Pesawat ini didesain untuk menguji konsep wingless lifting body.

Kategori : Eksperimental
MTOW : 567 kg
Wing span : 4.32 m


6. Rutan Boomerang
Rutan Boomerang    |    http://rutanboomerang.com/
 
Boomerang adalah pesawat yang didesain dan dibuat oleh Burt Rutan. Pesawat ini didesain dengan 2 engine. Tujuannya adalah jika terjadi salah satu engine mati tidak terjadi assymetric thrust. Hasilnya bila kondisi normal konfigurasi pesawat tampak asimetris. Burt Rutan memang banyak mendesain pesawat dengan bentuk tidak biasa (unusual).

Kategori : Eksperimental
MTOW : 1900 kg
Wing span : 11.12 m


7. Rutan Defiant
Rutan Defiant   |    http://4.bp.blogspot.com/
 
Rutan Defiant juga didesain dan dibangun oleh Burt Rutan. Pesawat ini berkapasitas 4 penumpang. Keunikan dari pesawat ini adalah penggunaan 2 engine di depan (puller) dan di belakang (pusher). Selain itu konfigurasi wing-canard juga menjadi ciri khasnya. Pesawat ini menjalani first flight pada 1978.

Kategori : Home built
MTOW : 1360 kg
Wing span : 9.4 m


8.  Ski Gull
Ski Gull    |    http://generalaviationnews.com/
 
Ski Gull adalah karya lain dari Burt Rutan dan berjenis amphibi. Pesawat ini didesain untuk bisa beroperasi di laut bergelombang. Pesawat ini lahir tahun 2015 dan saat ini masih terus dalam pengembangan.

Kategori : Amphibi
MTOW : -
Wing span : -


9.  Space Ship One
Space Ship One    |    www.rocketstem.org
 
Space Ship One adalah pesawat yang juga didesain oleh Burt Rutan. Pesawat ini dirancang untuk take-off secara air-launch. Pesawat ini memiliki kemampuan terbang suborbital dan ditenagai oleh hybrid rocket motor. Dalam gambar tersebut bukan hanya Space Ship One namun juga pesawat induknya bernama White Knight. White Knight bertugas membawa Space Ship One ke ketinggian tertentu untuk dilepas. Space Ship One bisa 'melipat' sayapnya ketika melakukan re-entry menembus lapisan atmosfer.

Kategori : Spaceplane
Loaded weight : 3600 kg
Wing span : 8.05 m


10. SR-71 Blackbird
SR-71 Blackbird   |    http://2.bp.blogspot.com/
 
Pesawat SR-71 Blackbird adalah salah satu armada andalan US Air Force. Pesawat ini memiliki fitur yang canggih dan mampu terbang pada kecepatan Mach 3. Artinya, pesawat ini mampu terbang hingga 3 kali lebih cepat dari kecepatan suara. Pesawat ini diproduksi oleh Lockheed. 

Kategori : Strategic Reconnaissance Aircraft
MTOW : 78000 kg
Wing span : 16.94 m



11. Super Guppy
Super Guppy   |    upload.wikimedia.org

Super Guppy adalah hasil pengembangan dari pesawat Pregnant Guppy. Pesawat ini adalah pesawat angkut kargo berukuran ekstra. Fungsinya hampir sama dengan Airbus Beluga dan Boeing Dreamlifter namun karena lahir lebih dulu maka pesawat ini masih menggunakan 4 buah engine propeller.

Kategori : Cargo
MTOW : 77.110 kg
Wing span : 47.625 m


12. Transavia Airtruk 
Transavia Airtruk   |    http://www.flugzeuginfo.net/
 
Transavia Airtruk adalah pesawat kecil untuk pertanian. Pesawat ini didesain oleh Luigi Pellarini dan dibuat oleh Transavia Corporation, sebuah perusahaan asal Australia. Pesawat ini menggunakan engine berjenis opposed cylinder air-cooled.

Kategori : Agriculture
MTOW : 1.925 kg
Wing span : 11.98 m


13. Valkyrie XB-70
Valkyrie XB-70
 
Pesawat XB-70 didesain sejak akhir tahun 1950-an dan menjalani terbang perdananya pada 1964. Pesawat ini digunakan untuk keperluan militer oleh US Airforce sebagai pesawat strategic bomber dan supersonic research. Pesawat ini dapat terbang hingga kecepatan Mach 3.1.

Kategori : Supersonic Strategic Bomber
MTOW : 246.000 kg
Wing span : 32 m

0 comments :

Post a Comment