Disneyland!



Tahun 2016 silam, alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sebuah konferensi mahasiswa di Hong Kong. Keberangkatan dibiayai full oleh fakultas FTMD ITB sebagai sebuah hadiah atas keikutsertaan saya dalam kontes mahasiswa berprestasi di tingkat fakultas.

Pada periode itu, mapres1 tingkat fakultas berhak mewakili FTMD ke pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat ITB sekaligus diberangkatkan ke Jepang untuk suatu short course. Saya alhamdulillah menjadi mapres 2 diberangkatkan untuk konferensi di Hong Kong University Of Science and Technology (HKUST). Mengenai perjalanan ini saya sudah pernah menulis, silakan klik pada label "hong kong" atau tulis pada kolom pencarian.

Mumpung film Toy Story 4 sedang booming, saya ingin throwback ke November 2016 ketika saya bersama dua orang teman berkesempatan jalan-jalan ke Disneyland. Kami menambah satu hari di HK setelah acara selesai karena ingin pergi ke tempat ini, walaupun harus nambah sedikit uang pribadi untuk sewa hotel.


Memang cocok kalau Disneyland ini disebut sebagai theme park karena wahana permainan yang ada di dalamnya disusun dengan tema kisah atau tokoh karakter Disney. Inilah yang membedakan Disneyland dengan Dufan misalnya. Dufan adalah taman dengan berbagai jenis wahana permainan dari yang lucu-lucu sampai yang bisa bikin muntah. Secara variasi wahana sebenarnya Dufan tidak kalah, tapi secara jumlah wahana Disneyland lebih banyak dan terkonsep.

Masuk ke Disneyland seperti benar-benar masuk dunia fantasi Disney. Banyak kru menggunakan kostum karakter Disney menyambut pengunjung sejak pintu depan. Pengunjung seperti membaca cerita atau menonton film-film Disney ketika berpindah dari satu lokasi ke lokasi berikutnya.


Di bagian depan ada Park Entrance yang dimulai dengan gapura bertuliskan Disneyland Hong Kong. Gapura berlanjut dengan boulevard serta pohon-pohon di sisi kanan dan kirinya. Penyambutan berujung pada sebuah air mancur yang menampilkan Donald Duck dan Mickey Mouse. Bagian ini tepat berada di depan stasiun MTR sehingga bisa dicapai tanpa harus berjalan jauh setelah turun kereta. Oh ya, ada jalur dan kereta khusus yang menyambungkan jaringan MTR Hong Kong dengan Disneyland.





Setelah melewati gerbang ticketing dan pemeriksaan barang, pengunjung disambut dengan Stasiun Kereta Disneyland. Ya, ada kereta yang keliling taman, jadi jika ingin melihat keseluruhan taman dulu sebelum mencoba wahana bisa menaiki kereta ini.

Masuk sedikit lebih jauh dan kita akan menjumpai toko-toko yang menjual segala macam pernak pernik Disney. Setiap toko punya konsep dan jualan masing-masing. Zona ini disebut Main Street USA. Disebut Main Street karena toko-toko itu berjejer di sepanjang jalan yang menghubungkan gerbang depan dengan kastil Disney sebagai titik pusat Disneyland. Sebuah spot yang sempurna untuk mengambil gambar.



Dari istana ini pengunjung bisa memilih ke zona mana akan menuju. Di sebelah kanan adalah Tomorrowland, surganya anak-anak yang suka berfantasi tentang masa depan. Ada roller coaster di dalam ruangan yang ketika melesat lampu-lampu di atas akan terlihat seperti bintang dan meteor berjatuhan, keren sekali. Ada juga  beberapa wahana lain serta toko-toko cenderamata.

Kalau masuk menembus kastil, pengunjung akan sampai di Fantasy Land. Jika Tomorrowland anak laki-laki banget, Fantasy Land sebaliknya sangat feminim. didominasi warna ungu, pernak pernik, boneka, istana, dan carousel dengan segala dekorasinya. Belok sedikit ke kiri, pengunjung akan sampai di bagian Toy Story.



Daya tarik utama Toy Story adalah tokoh karakter yang ada di film Toy Story, ya iyalah. Tidak banyak wahana bermain di sini. Tapi bagi yang suka berfoto tersedia beberapa spot menarik. Woody ada di sana, puluhan orang ingin berfoto dengannya.



Jika berjalan memutar berlawanan arah jarum jam dan kita sampai di Mystic Point dan Grizzly Gulch. Mystic Point berisi replika bangunan-bangunan fantasy yang ada di Disney, yang nuansanya mistis tentu saja. Tapi tempat ini ramai karena di sini ada tempat makan, termasuk restoran halal. Selanjutnya Grizzly Gulch berisi hal-hal yang berbau beruang dan gua-gua. Ada roller coaster juga di sini namun tidak terlalu besar.


Satu lagi zona menarik adalah Adventure Land. Atraksi utama di sini adalah rumah tarzan dimana pengunjung harus agak memanjat-manjat serta merasakan sensasi keliling sungai dengan perahu. Ada sungai buatan di dalam Disneyland yang di kanan kirinya rimbun seperti hutan dan kadang-kadang ada hewan robot yang tiba-tiba muncul mengagetkan.


Selesai melalui itu semua, pengunjung punya pilihan untuk pulang atau menunggu sampai jam 8 malam. Setiap hari jam 8 malam ada parade dan pesta kembang api di kastil, ya setiap hari. Jadi ada semacam kurikulum bagi pengunjung, atraksi terus menerus berganti dari jam 10 pagi hingga 8 malam, setiap hari. Jadi kalau mau ke Disneyland luangkan waktu sehari biar nggak rugi.

Dengan ini pengalaman jalan-jalan di Disneyland Hong Kong selesai. Age is just a number, usia berapapun bisa menikmati Disneyland. Fasilitas penunjang seperti toilet, food stall, restoran, hingga bangku untuk duduk beristirahat tersedia dimana-mana. Pun tidak ada istilah terlalu dewasa untuk menikmati Disneyland, tempat ini untuk semua usia , bukan hanya anak-anak.

Kalau ada kesempatan lagi ingin kembali ke tempat seperti ini, mungkin di kota yang lain, aamiin


0 comments :

Post a Comment