Cara Mencairkan Dana dari PayPal ke BCA


PayPal adalah dompet digital dan metode pembayaran digunakan secara internasional. Dikarenakan demografi penggunanya yang tersebar di seluruh dunia, PayPal biasa digunakan untuk transaksi lintas negara seperti jual beli di marketplace luar negeri atau pembayaran fee freelance. PayPal bisa digunakan di Indonesia, bisa diakses secara legal, dan dapat dihubungkan dengan rekening bank lokal. 

PayPal dapat digunakan untuk mengirim dan menerima dana. Kita bisa topup dan withdraw dari rekening bank lokal. Pada artikel kali ini saya akan menuliskan cara mencairkan dana dari PayPal (USD) ke rekening tabungan BCA (IDR).

Bismillahirrahmanirrahim..

1. Sebelum menggunakan PayPal, pengguna perlu membuat akun. Pembuatan akun dapat dilakukan melalui website PayPal. Secara umum pembuatannya mudah dan straight-forward, detail yang diminta untuk dimasukkan pun tidak sulit.

2. Setelah akun aktif dan melakukan transaksi dimana pengguna mendapat transfer dana/punya saldo, pengguna dapat masuk ke kolom Wallet. Disini dapat dilihat jumlah saldo dan akun bank yang terhubung.


3. Jika baru pertama menggunakan dan belum ada bank atau card terhubung, klik Link a bank atau Link a card. Selanjutnya masukkan detail rekening atau kartu kredit. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kalau mau punya PayPal harus punya credit card, dari sini terjawab bahwa tidak harus, kita bisa pakai rekening debit biasa. Pada gambar di atas bisa dilihat saya telah menghungkan rekening BCA dan BNI.

4. Setelah rekening bank atau kartu sudah set, berikutnya kita bisa melakukan withdrawal atau penarikan dana. Kembali ke Wallet, pada bagian PayPal balance klik Transfer funds

 5. Selanjutnya pilih bank/card tujuan transfer. Ada catatan bahwa untuk bank dana akan masuk ke rekening dalam 2-4 hari kerja, we'll see on that later. Abaikan 'Checking' (giro) di depan nomor rekening ya, dananya akan masuk ke rekening tabungan kok. Klik Next

6. Masukkan nominal yang akan ditarik (dalam dollar). Disini saya withdraw semua saldo, USD305. Klik Next

7. Masuk ke halaman Review Transfer. Periksa kembali jumlah transfer, rekening tujuan, serta yang penting disini adalah kurs konversi ke rupiah. PayPal memang tidak mengambil Fee, PayPal ambil untung dari selisih kurs jual dan beli. Dapat dilihat total dana yang akan masuk ke rekening. Klik Transfer <nominal> IDR Now


8. Finish Transfer, notifikasi bahwa transfer telah diproses, namun kita harus menunggu review dari pihak bank sampai dana masuk ke rekening. Klik Done


9. Kita bisa lihat Status Transfer. Enaknya PayPal adalah kita bisa selalu men-track transaksi sehingga tidak terkesan dana hilang karena sudah terdebet dari PayPal tapi belum masuk rekening. Secara eksplisit PayPal memberikan estimasi bahwa dana akan masuk 25 November pukul 14:59 maksimal.

10. Cek mutasi rekening BCA untuk melihat apakah dana sudah masuk. Meskipun diestimasi akan masuk dalam 2-4 hari, withdrawal ini sudah masuk ke rekening setelah 1 hari kerja saja, Hal ini tergantung pada banyak faktor. Withdraw pada weekend atau hari libur akan memakan waktu lebih lama. Hal yang perlu diingat adalah PayPal menggunakan kalender US sehingga mungkin saja memiliki public holiday yang berbeda dengan Indonesia.


Sekian rangkuman step by step cara mencairkan dana dari PayPal ke rekening BCA. Semoga membantu teman-teman yang perlu melakukan transaksi serupa. Transaksi saya melalui PayPal memang belum banyak, masih bisa dihitung jari. Tapi sejauh ini dana selalu masuk sebelum waktu estimasi dan tidak ada drama-drama, alhamdulillah. PayPal juga punya aplikasi yang memudahkan kita untuk transaksi, cek saldo, atau cek status penarikan dana.

Sekian,

Chandra





 




0 comments :

Post a Comment