Crime-y


Salah satu film favorit saya sepanjang masa adalah The Shawshank Redemption. Bercerita tentang mengapa dan bagaimana seorang narapidana kabur dari penjara dengan cara yang sangat brilian dan tak diduga oleh siapapun. Kisah Andy (diperankan Tim Robbins) dan Red (diperankan Morgan Freeman) selama di penjara sangat menguras emosi. Sudah itu lalu ditutup dengan ending yang menurut saya salah satu terbaik yang pernah saya tonton dari sebuah film.


Untuk serial, beberapa yang saya ikuti seperti White Collar, Prison Break, OMITB, dan Suits. Beberapa season atau episode bahkan saya tonton berulang. Not necessarily saya suka atau terinspirasi dengan sosok yang terlibat kejahatan. Yang membuat saya tertarik adalah trik-trik cerdik yang dilakukan oleh pemainnya, siapapun itu dan apapun posisinya. Tokoh yang paling moncer pikirannya dan paling luas wawasannya biasanya yang jadi favorit saya. Misal Mozzie di White Collar yang menurut saya sama pentingnya dengan Neal, meskipun kocak dan lebih sering di belakang layar, tapi terobosan-terobosannya sering jadi kunci pemecahan kasus. Scofield di Prison Break dengan masterplan-nya yang sangat rapi juga dapat dua jempol dari saya.

Baca juga: Crime Series XI

Sebenarnya sejak kecil saya sudah suka tokoh detektif, dimulai dengan Conan, sudah mengoleksi komiknya sejak SMP. Kini saya juga baca beberapa buku bertema crime. Tahun ini saya sudah baca The Bomber Mafia dan Heist. Yang pertama itu lebih tentang sejarah, tapi juga ada cerita soal perangnya, a kind of violence. Heist itu ditulis berdasarkan kisah nyata perampokan perusahaan pengirim uang di Amerika. Terbaru kemarin saya ke BBW Bandung beli Bit of a Stretch: The Diaries of a Prisoner.


Kalau di YouTube ada channel yang saya sangat suka tapi lama tidak upload, kabarnya karena creatornya sakit, nama channelnya Kento Bento. Saya juga ikuti channel The Infographic Show, terutama bahasan soal crime atau heist. Film adaptasi novel Agatha Christie? mainkan. I saw Hercule Poirot then I clicked. Knives Out dan Glass Onion juga saya kasih nilai tinggi. 

Membaca atau menyimak cerita-cerita detektif atau kriminal membuat saya merasa berperan menjadi tokohnya. Walking on their shoes. Bisa sebagai pahlawannya, bisa sebagai villainnya. Seperti anak kecil yang berpikir berurusan sama penculik seru gara-gara nonton film Sherina, tapi tahu bahwa akan repot kalau mengalaminya di dunia nyata.

Jadi yok kalau ada tontonan atau bacaan serupa dengan any yang saya sebutkan di atas, tolong beri tahu saya.

Chandra

pict: 
1. themoviedb.org
2. instagram @chandranrhmn

0 comments :

Post a Comment