PutCast Mojok Favorit



Tahun 2020 kemarin rekapan Spotify saya menunjukkan podcast yang paling sering saya dengar adalah podcastnya Mojok, lebih tepatnya PutCast yang dibawakan oleh Puthut EA. Dari sekian banyak ada beberapa yang sampai saya dengarkan berkali-kali, di YouTube dan Spotify. Berikut obrolan yang jadi favorit saya, saya kasih link YouTube-nya, klik di namanya.

1. Anas Syahrul Alimi 

Juragannya event-event besar di Jogja: Prambanan Jazz, Borobudur Symphony, Jogjarockarta, Moco Sik. Banyak cerita jungkir baliknya membangun bisnis Music Promotor dan EO hingga puncaknya nanggap Mariah Carey dan Westlife di Borobudur. Nyali dan jiwa berani bangkrutnya menjadikannya stand-out diantara orang lainnya.

2. Agus Magelangan

Nama Agus Mulyadi alias Agus Magelangan tidak bisa dipisahkan dari Mojok. Agus jadi salah satu wajah Mojok sekarang. Dalam podcast ini Puthut dan Agus banyak ngobrol soal masa lalu Agus termasuk pekerjaan-pekerjaan yang dia geluti sebelum jadi penulis. Mau tahu cerita Agus kerja ngelem teh celup dan tukang edit foto?

3. Zainal Arifin Mochtar

Zainal Arifin Mochtar biasanya muncul di publik/TV dalam acara-acara serius macam ILC. Maklum latar belakangnya adalah akademisi hukum UGM. Sebagai orang dengan citra serius sekarang beliau coba masuk ke segmen yang lebih becanda dengan menulis di Mojok dan jadi tamu PutCast.

4. Fawaz

Sejujurnya saya belum tahu siapa beliau sebelum menyimak PutCast ini, tapi ternyata pengalamannya inspiratif sekali. Ceritanya penuh dengan kisah hidup di dalam hutan untuk mengabdi melalui Sakola Rimba. Makan apa di hutan? TIdurnya bagaimana? Suku Anak Dalam seperti apa? Bagaimana rasanya hidup di tengah hutan? Simak videonya.

5. Paksi Raras Alit

Direktur FKY yang bicara soal pagelaran FKY termasuk rintangannya di tengah pandemi, latar belakangnya sebagai orang yang tumbuh ditengah budaya Jawa yang kental, serta pandangannya tentang Jogja sebagai ibukota kebudayaan. 

6. Ong Harry Wahyu

Pak Ong adalah seniman multi bidang yang karyanya banyak dipakai di sampul-sampul buku. Beliau juga menjadi art director untuk film Daun di Atas Bantal dan Habibie Ainun. Mendengarkan podcast ini berasa lagi dengerin pakde-pakde ngobrol di pos ronda.

7. Mukti Entut

Orang dengan bakat lucu alami yang cerita soal karirnya sebagai stand up comedian dan vokalis Orkes Pensil Alis dengan hitsnya Kipas Angin Kesedot Sampah. Kontennya sih nggak terlalu berbobot, tapi sangat lucu dan ketawanya kontinyu. 

8. Nining Wahyuningsih

Beliau adalah salah seorang aktivis mahasiswa era 98 asal UGM. Circle beliau termasuk orang-orang yang sekarang duduk di parlemen. Bagian paling menarik adalah bagaimana beliau bisa lolos dari usaha penculikan setelah terkepung di kamar kosnya.

9. 'Pepeng Klinik Kopi'

Orang di balik Klinik Kopi yang punya idealisme tinggi tentang kopi. Namanya sempat naik ketika muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. 




0 comments :

Post a Comment