CEO minta maaf


Dua minggu terakhir sektor transportasi Belanda sedang tidak baik-baik saja. Tidak tercapainya kesepakatan antara Nederlandse Spoorwegen (KAI-nya Belanda) dengan serikat pekerja terkait gaji dan kesejahteraan memicu terjadinya strike alias mogok kerja para karyawan kereta api. Akibatnya ada beberapa hari di mana kereta tidak beroperasi di seluruh atau sebagian wilayah Belanda. Situasi ini menjadi sorotan dan headline media karena kereta adalah salah satu moda transportasi paling penting di negara ini. Karena strike terus berulang dan sampai saat ini belum jelas kapan akan tercapai kesepakatan, CEO NS sampai mengirim email permohonan maaf langsung ke email pelanggan, berikut emailnya:

***

Dear traveler,

We don't often speak to each other one-on-one. Nevertheless, I think it is important to make myself heard now. After all, you are the most important reason why we at NS do what we do: keeping the Netherlands sustainably accessible for everyone.

That is also exactly why I am so annoyed that today you are having to deal with the consequences of a strike on the railways for the fourth time. I would like to offer you my apologies for that. It is a nuisance that you do not deserve.

The strikes are the result of stalled collective labor agreement negotiations between unions and NS. Although of great importance to our company, these negotiations are ultimately an internal conflict in which you have no part. Partly because of this, I find it annoying that on a day like today you do not get what you may expect from NS.

My colleagues take care of your train journey. A cheerful announcement on the train, good service at the station: it makes a world of difference. Other colleagues ensure behind the scenes that you can take your train; for example by creating a timetable or work schedule or tinkering with the trains.

All those colleagues deserve a good reward. That is also an investment in the future of your journey. At the same time, we also want to continue investing in beautiful stations, new and clean trains and keeping our tickets affordable. Things that you as a traveller can also benefit from.

The financial possibilities for our company - with five years of losses in a row and no profit this year either - are limited. We have to get our balance sheet in order like any other company, NS cannot structurally spend more money than it has.

What now? NS had not yet negotiated. Unfortunately, negotiations are difficult if not everyone shows up at the table. That is why we will now make the unions a so-called final offer and ask them to present it to their members. The floor is then up to them.

Unfortunately, I cannot promise that the strikes will end quickly with this step. I do hope that the unions and NS will still find a solution quickly. In your interest, that of my colleagues and for the future of NS.

Yours sincerely,

Wouter Koolmees
President and CEO of NS

***

Seorang kolega kedatangan keluarganya dari Kolombia pada Jumat 6 Juni kemarin. Namun hanya beberapa hari sebelumnya NS mengumumkan bahwa akan terjadi mogok kerja di seluruh Belanda tepat pada hari itu. Biasanya mogok kerja terjadi sektoral di provinsi tertentu saja, tapi kali ini strike meliputi pusat kontrol NS di Utrecht sehingga NS sama sekali tidak bisa beroperasi. Akibatnya teman ini terpaksa menyewa mobil untuk menjemput ke Schiphol. 

Perjalanan jarak dekat bisa digantikan bis atau kereta lokal non-NS (tersedia untuk rute tertentu saja), tapi mogoknya NS benar-benar merepotkan orang yang perlu pergi antar kota. Akibatnya terjadi kemacetan di highway karena lebih banyak orang memilih bawa mobil. Bahkan jalur sepeda pun jadi lebih semrawut karena commuter jarak dekat/sedang banyak yang pakai sepeda hari itu. Situasi ini tidak ideal dan sudah terjadi empat kali dalam dua minggu terakhir. 

Beda dengan KAI di Indonesia yang selain mencari profit juga punya fungsi pelayanan pada masyaratakat, NS bisnisnya lebih swasta. Maka pemerintah seperti tidak punya kontrol penuh atasnya. Tapi di sisi lain isu ini menunjukkan bahwa NS punya serikat pekerja yang kuat dan solid sampai bisa head-to-head selama berminggu-minggu dengan perusahaan sebesar ini. 

Kini negosiasi masih terus berjalan dan NS sudah memberikan tawaran terakhir pada union. Para pekerja selanjutnya akan voting untuk menentukan apakah mereka akan menerima tawaran itu. Entah apa yang terjadi kalau mereka menolak tapi untuk sementara belum ada rencana untuk mogok lagi. Statement dari CEO NS di atas juga jadi penjelasan yang ditunggu para customer untuk meredakan spekulasi. Inisiatif untuk mengirim email adalah keputusan PR yang baik, instead of hanya pasang ucapan maaf di instagram official perusahaan.


Setidaknya take away dari ini adalah bahwa negara yang biasanya tampak beres apa-apanya ini sebenarnya juga punya masalah di belakangnya. Begitu ngikuti berita politik dan ekonomi, akan terlihat morat maritnya sebuah negara. Belum lama sebelum ini terjadi pecah koalisi pemerintahan karena isu kebijakan suaka. Geert Wilders mundur dan akan ada pemilu pada Oktober nanti. 





0 comments :

Post a Comment