Subordinat


Tanggal 1 September saya tepat 3 bulan bekerja di tempat baru. Masa probation saya selesai hari ini. Saya tidak terlalu mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kantor baru. Lokasinya masih satu kawasan, hanya pindah gedung. Jalan-jalannya lumayan hafal luar dalam karena dulu ngekos daerah sana. Secara budaya dan orang-orangnya agak beda, tapi justru yang sekarang ini terasa lebih cocok buat saya daripada sebelumnya.

Satu hal yang masih membuat saya awkward adalah kenyataan bahwa sekarang saya punya bawahan. Ini pertama kalinya dalam perjalanan karir profesional saya dimana saya tidak lagi jadi staf tapi punya staf. Sebagai orang yang sering nggak enakan hal macam ini bagi saya perlu pembiasaan.

Ternyata punya bawahan bukan cuma urusan nyuruh-nyuruh. Saya punya kewajiban mendelegasikan tugas secara tepat sesuai kompetensi masing-masing, di waktu yang lain saya harus bisa menjelaskan apa yang harus mereka pelajari untuk bisa menjalankan tugas pada project yang sedang berjalan. Tujuannya agar semua pekerjaan dapat terdeliver dengan optimal. 

Saya harus memberikan cukup pekerjaan supaya mereka ada bahan untuk memenuhi KPI dan tugas tim beres, tapi juga tidak terlalu banyak sehingga membuat mereka burnout. Saya harus cukup akomodatif supaya tidak dikenal otoriter, tetapi tidak terlalu lunak sehingga disepelekan. 

Sekarang saya jadi tahu pentingnya berorganisasi waktu sekolah dan kuliah. Agak menyesal dulu pengalaman kurang banyak jadi sekarang merasa kurang modal hahaha. Dengan alasan lebih suka yang praktek-praktek dulu lebih banyak milih jadi orang lapangan/eksekutor. Alergi sama yang namanya posisi 'ketua'. Pernah sih, tapi jarang. Mau nggak mau belajarnya sekarang.

Bawaan sifat anak daerah asal daerah yang andhap asor juga rada jadi problem, apalagi ketika harus mengatur orang yang sebaya atau lebih tua. Dipanggil 'mas' sama orang seumuran pun awalnya berasa aneh, mau minta panggil nama aja tapi yaudahlah. Kecenderungan tidak mau berkonflik ini jan hmmmmm...

Semoga yang baca ini dilancarkan karir, pekerjaan, dan tanggungjawabnya. Dilindungi dari masalah-masalah yang tidak diharapkan, ditempatkan di posisi yang sesuai, diapresiasi karyanya, dan dimudahkan aksesnya menuju kesempatan-kesempatan baik. Aamiin.

0 comments :

Post a Comment