Astro - Groceries in 15 Mins



Saya mau mereview pengalaman belanja melalui Astro Indonesia, sebuah start-up quick-commerce yang memberikan layanan belanja cepat untuk beberapa kawasan di Jakarta dan sekitarnya. Mereka mengklaim bisa men-deliver pesanan groceries dalam 15 menit. Saya mau buktikan apakah iya bisa secepat itu serta bagaimana rasanya menggunakan aplikasi dan layanannya.

Informasi tentang Astro bisa didapat di website atau instagramnya ya. Disana kita bisa lihat daftar kawasan yang sudah tercover layanan Astro. Seiring berjalannya waktu Astro semakin memperluas wilayah operasinya. Jika lokasi kita belum ada dalam daftar, kita bisa mengajukan lokasi yang diinginkan via websitenya.

Aplikasi Astro dapat didownload di Google Play Store maupun Apple App Store. Pertama kali menggunakan aplikasinya ternyata registrasinya mudah, ketika digunakan pun responsif, intuitif, dan sama sekali tidak menemui masalah. Untuk detail fitur dan tampilannya bisa dicoba sendiri dengan download app-nya ya.


Menemukan daftar produk yang dijual di aplikasi Astro gampang dan ternyata variasinya sangat banyak. Astro menyediakan berbagai bahan masakan, sembako, sayur dan buah, daging, bumbu, berbagai snack dan minuman siap konsumsi, obat dan alkes, sabun, alat tulis dan aksesoris, perlengkapan rumah dan elektronik, sampai set produk prokes (masker, sanitizer, dll) dan produk valentine (tematik karena mau valentine mungkin).

Isi produk dari masing-masing kategorinya cukup mewakili kebutuhan konsumen pada umumnya saya rasa, walaupun tentu nggak selengkap toko swalayan konvensional. Ini tentu bisa diterima karena Astro adalah platform belanja instan, cepat, dan mudah, bukan sebuah toserba. 


Harga yang ditawarkan Astro sangat masuk akal, tanpa promo dan diskon pun harganya sebelas duabelas dengan harga swalayan. Kalau pakai promo bahkan harga sayur bisa setara dengan pasar tradisional. Promonya Astro nggak banyak syarat, apalagi untuk pengguna baru. Ada promo gratis ongkir dan diskon harga barang, jumlahnya juga lumayan. 

Ini adalah orderan pertama saya, bisa dilihat sendiri ya harga dan promonya. Pertanyaannya apakah kalau order lagi akan dapat promo yang sama? Setelah saya coba checkout yang kedua kalinya sih ongkir masih tetep gratis, harga barang juga masih diskon walaupun nggak sebanyak sebelumnya. Sayangnya saya tidak ketemu dimana bisa lihat list promo/voucher yang tersedia.

 

Belanja di Astro jadi makin mudah karena tersedia berbagai macam metode pembayaran: ewallet, card, dan VA dari berbagai bank. Saya rasa cukup mengakomodir preferensi semua orang. Harga yang dibayar juga sesuai angka yang ditampilkan (harga barang + ongkir - promo), tidak ada tambahan admin fee atau apapun lagi. Tentunya verifikasi pembayaran sudah otomatis, tidak perlu upload-upload bukti transfer.

Setelah pesanan terbayar, kita bisa lihat tracking order sudah sampai mana: diproses, dikemas, dikirim, sampai tujuan. Memang tidak ada tampilan peta seperti layanan pesan antar makanan ijo dan oren ya, tapi nggak perlu sih karena Astro menjanjikan barang akan sampai dalam 15 menit jadi ya standby aja kalo pesen, gak akan lama. Oh ya, Astro ini pakai kurir sendiri ya seperti delivery lainnya.

Ternyata benar saya tidak perlu nunggu lama hingga pesanan sampai. Pesanan saya tiba dalam 18 menit, ya memang bukan 15, tapi who cares? Itu juga 2 menitnya karena cari-carian sama kurirnya. Overall ini impresif, no complaint. Tetap termasuk cepat dan bisa diandalkan. Jaminan sampai dalam sekian menit ini lebih menyenangkan daripada mantau peta drivernya sudah sampai mana.




 

Pesanan saya datang lengkap dengan kemasan yang rapi, pesanan jamurnya pun segar dan dingin, good. Pengalaman belanja yang menyenangkan. Memang penilaian ini bisa jadi dipengaruhi promo pengguna baru yang sampai 40%. Tapi kalau sudah tidak promo pun saya tetap ingin pakai, kalau belanjanya banyak ongkirnya worth it kok. 

Berdasarkan pengalaman ini saya menyarankan teman-teman yang tinggal atau beraktivitas di lokasi yang dilayani Astro untuk mencoba. Kalaupun nggak ingin jangka panjang, coba untuk dapat promo awalnya pun saya rasa gapapa. Atau sewaktu-waktu jika hujan atau lagi sulit keluar, punya Astro ini bakal sangat membantu.

Kalau download Astro, waktu registrasi masukkan referral code saya ya: CHA9T3 hehe


Chandra

0 comments :

Post a Comment