Pertemuan Pertama


Foto ini saya ambil tadi pagi saat kesasar sampai Kidzania PP, padahal niatnya ke Ritz-Carlton untuk sebuah seminar. Samar-samar saya masih ingat lift dan lorong menuju Kidzania ini walaupun sudah lama sekali.
Saat SMP dulu saya sempat 'sekolah' sebentar di salah satu sekolah swasta di Jakarta Selatan. Tidak benar-benar sekolah karena setengah agendanya jalan-jalan, salah satunya ya ke Kidzania ini. Tapi masih cukup mengalami karena ikut pelajaran, masuk jam 7 pagi bersama murid lainnya, bawa bekal dari rumah, dan karena host saya tinggal di Bekasi, merasakan berangkat sekolah sehabis subuh dan pulang saat malam. Luar biasa.

Hari pertama saya terlalu lambat siap-siap, padahal itu masih jam 5.15. Akibatnya kami harus naik taksi agar tidak telat sampai sekolah. Normalnya partner saya berangkat paling lambat jam 5.00 lalu naik bus. Hari berikutnya saya sudah tidak telat dan bisa naik bus. Ini bukan bus sekolah ya, melainkan bus umum yang dinaiki bersama para pekerja. Itu pertama kalinya saya merasakan commute di Jakarta. Malam harinya badan dan kaki luar biasa lelah karena setelah turun bus kami masih harus jalan kaki. Sebelum dewasa saya sudah menyimpulkan commute di Jakarta butuh fisik yang kuat. Yah kecuali kamu punya cukup privilege untuk tinggal di Residence 8.

Ada banyak yang memorable dari masa-masa pertukaran pelajar saat itu. Suatu hari saat pulang dari sekolah partner saya masuk ke minimarket untuk beli nori. Ternyata dia berniat membuat sushi roll. Karena itu kali pertama saya berhadapan dengan sushi, saya buka rollnya lalu makan seperti makan nasi biasa wkwk serius bingung saat itu. Host (orang tua partner) saya ini kerja di Hewlett-Packard, beliau memberi saya flashdisk HP custom yang sangat bagus kalau dibandingkan dengan Kingston 2 giga saya.

Banyak hal untuk pertama kalinya saya alami. Pertama kali naik TransJakarta, saat itu warnanya masih oren. Pertama kali nonton bioskop, 15 tahun kemudian baru saya tahu yang saya kunjungi dulu itu Djakarta Theater. Pertama kali naik pesawat, pertama kali ke Dufan, pertama kali minum 7up, dan lain sebagainya. Sebelum perpisahan ada agenda dinner beach view di Ancol, ternyata disponsori salah satu host yang pejabat. 

That's my first serious encounter dengan Jakarta. You can expect banyak hal yang kami rasakan sebagai murid smp dari Bantul yang dikumpulkan bersama anak-anak Alpust.

Thanks,
Chandra

0 comments :

Post a Comment