Amigos

Sebuah sisi lain yang jarang diketahui dari bekerja di segitiga emas adalah kebiasaan makan siangnya. Dulu sebelum disini saya pikir orang-orang yang bekerja di kawasan ini lunch-nya di kalau tidak di kafe ya di mall. Nyatanya, sebagian besar pekerja tidak melakukan itu. Justru spot paling ramai di jam istirahat siang jauh dari kesan blink-blink yang banyak diduga orang.

Spot paling ramai itu ada di belakang deretan gedung-gedung Sudirman Thamrin Kuningan, kawasan kampung kota dimana banyak buka warung-warung dan pedagang kaki lima. Disanalah epicentrum pekerja yang menghabiskan waktu istirahat sambil makan siang.

Namanya juga kampung kota, tempatnya memang tidak rapi apalagi nyaman. Tidak heran sebutan prokem-nya tempat makan seperti ini adalah Amigos alias Agak Minggir Got Sedikit. Ada beberapa alasan warung-warung ini ramai didatangi.

 
Pertama tentu saja karena murah. Dengan uang 15-25 ribu saja kita sudah bisa kenyang, bandingkan dengan lunch di tempat fancy yang bisa sampai 100 ribu sekali duduk. Memang beda di sisi instagramable-nya sih, tapi kalau menyangkut rutinitas harian ya motif ekonomi lebih penting. Makan mahal sesekali, hari lain ya ke belakang gedung. Faktanya, beberapa makanan amigos ini genuinely enak, bukan cuma asal jualan.

Kedua, bisa ngudud. Saya bukan perokok, tapi biasanya kalau makan di belakang kantor nongkrongnya jadi lama karena beberapa teman sebat atau nge-vape dulu. Setelah beberapa jam di ruangan ber-AC, orang yang terbiasa merokok biasanya craving tempat terbuka seperti ini. Saya juga beberapa kali jumpa pegawai level bos (yang gak masalah dengan harga) memilih makan di amigos karena bisa ngrokok.


Ketiga karena dekat, tidak perlu pesen ojek online untuk menuju lokasi, dan tidak menghabiskan waktu di jalan. Beberapa kantor punya waktu istirahat yang ketat jadi masalah jarak ini jadi penting. Kalaupun tidak nyaman makan di tempat bisa dibungkus lalu makan di dalam gedung. Simpel, cepet, nyaris tanpa nunggu.

Keempat, variasi makanannya sangat banyak. Warung standar makan siang seperti masakan padang, warteg, dan warung nasi asgar jelas ada. Gerobak mie ayam, bakso malang, siomay batagor, ketoprak, gado-gado, soto mie bogor, sampai sate ada. Cemilan tahu bulat, cimol, kentang goreng, pukis, gorengan, dan berbagai jenis es ada. Ayam bebek goreng dengan macam-macam varian sambalnya juga tersedia. Selain itu biasanya tidak jauh dari sana berdiri Indomaret, Alfamart, dan Circle K kalau perlu sekalian beli sesuatu.



Pandemi membuat warung-warung belakang gedung berkurang pendapatannya karena berkurangnya jumlah orang yang berangkat kerja. Tapi saya cukup yakin komunitas ini akan tetap ada. Sejak awal bekerja disini saya tahu bahwa istirahat siang di belakang kantor adalah opsi paling make sense. Selain alasan-alasan di atas, warung amigos memberi ruang bagi pekerja untuk berkoneksi secara bebas dan non formal antara satu dengan yang lainnya. Obrolan di warung sambil ngopi lebih berbahaya daripada di dalam ruangan kantor.


Chandra

Yogyakarta International Airport

 

Boleh kan ya setuju dengan bandara YIA sambil tetap merasa prihatin pada penduduk setempat yang tidak rela kepemilikan lahannya dialihkan untuk pembangunannya?

Bandara adalah salah satu aspek yang dipelajari waktu kuliah teknik penerbangan dulu. Dari insight yang saya dapat, saya berpendapat bahwa Jogja tidak bisa terus mengandalkan bandara Adi Sutjipto (JOG) untuk jangka panjang. Pembangunan fasilitas secara sporadis seperti terminal baru tidak sustainable. At some point perlu ada bandara modern yang dibangun. 


JOG adalah bandara milik TNI AU, otoritasnya di bawah Danlanud. Oleh karenanya pada saat-saat tertentu pesawat komersial harus bergantian dengan jet militer untuk take-off dan landing. Bandara modern tentu tidak bisa seperti ini, terlalu banyak syarat dan ketentuan untuk bisa berkembang. 

Secara lokasi JOG memang strategis karena dekat dengan kota. Di sisi lain hal ini menjadi masalah karena menyulitkan pembangunan infrastruktur bandara, lahannya tidak ada. Banyaknya gedung tinggi kota di sekitar bandara juga bukan sesuatu ideal dalam dunia penerbangan. Ada faktor safety dan polusi cahaya disana. Inilah alasannya banyak bandara modern nyaris di seluruh dunia dibangun di pinggiran kota. 

Oleh karenanya, tidak bisa tidak Jogja harus membangun bandara baru dan memindahkan penerbangan komersil kesana. Bandara ini harus memberikan ruang untuk pengembangan jangka panjang ketika nanti semakin banyak rute penerbangan yang beroperasi. Lokasi yang dipilih di Kulonprogo menurut saya sudah keputusan yang paling tepat. Yang jadi masalah adalah waktunya, apakah harus sekarang?

 

Harus diakui pembangunan YIA ini tampak agak buru-buru sehingga pembebasan lahan terkesan agak dipaksakan. Sialnya ketika bandara jadi malah ada pandemi yang membuat penerbangan jadi sepi. Kalau tahu begini mending jangan dibangun dulu, JOG masih bisa digunakan sampai beberapa tahun ke depan.

Banyak diberitakan operasi YIA ini merugi, hal ini tidak terhindarkan. Hampir seluruh bandara di dunia rugi ketika pandemi. Simply karena jumlah penumpang dan penerbangan berkurang. Tak pelak ini jadi bahan argumen pihak yang kontra dengan YIA.

Argumen lain yang dilontarkan adalah masalah jarak yang memang jauh dari kota Jogja. Ada dua hal dalam pikiran saya untuk merespon ini. Pertama berhubungan dengan pembangunan YIA yang terburu-buru. Ketika bandara sudah jadi dan beroperasi, akses ke pusat kota belum ready. Shuttle dan kereta yang kemudian diluncurkan kurang sesuai dengan kebutuhan sebagian orang. Infrastruktur paling disukai belum jadi: jalan tol.

Kedua, permasalahan jarak ini subyektif. Bagi orang Kulonprogo, Purworejo, dan sebagian besar Bantul tentu YIA lebih dekat. Tapi bagi penduduk Kota Jogja, sebagian besar Sleman, dan Klaten tentu ingin tetap terbang dari JOG. Alasan ini sangat masuk akal, namun rasanya sulit mencari lokasi yang strategis untuk sebuah bandara besar baru selain di Kulonprogo.

Ada dua harapan saya, yang pertama adalah masalah pembebasan lahan kemarin segera beres seberes-beresnya sehingga tidak menjadi duri dalam daging. Saya lihat ada beberapa pemukiman baru di sekitar bandara yang katanya ditempati oleh warga yang direlokasi. Semoga semua mendapat ganti untung sesuai haknya.

Harapan yang kedua, semoga ekosistem penerbangan segera normal dan kerusakan yang timbul selama pandemi dapat dipulihkan oleh pelaku industri bersama pihak terkait.

Craziest F1 Season Ever!

Formula 1 musim 2021 adalah musim paling gila sepanjang saya mengikuti seri balapan ini. Dua belas jam setelah berakhirnya balapan terakhir musim ini, masih jadi perdebatan apakah kemenangan dramatis Verstappen sepenuhnya sah. As it stands, Verstappen sudah dinyatakan sebagai juara dunia, namun Mercedes masih akan mengajukan gugatan setelah dua protesnya kemarin ditolak FIA.

Mundur sedikit tentang apa itu Formula 1 dan how it works. Formula 1 adalah kasta tertinggi balap mobil dunia. Secara teknologi mobil, mobil F1 adalah mobil balap paling canggih dan rumit, literal rocket science karena derajat engineeringnya bisa disejajarkan dengan teknologi space. Di sisi pembalap, untuk bisa sampai ke F1,pembalap harus berlaga di level-level di bawahnya lebih dulu. Best cars, best drivers.

Formula 1 2021 diikuti oleh 10 tim, masing-masing tim punya dua pembalap. Sejak tahun 2014, F1 didominasi tim Mercedes dan pembalap andalannya, Lewis Hamilton. Dari musim 2014 hingga 2020 nyaris tidak ada gangguan berarti dari tim lain terhadap dominasi ini. Tim Red Bull Honda dengan pembalapnya Max Verstappen hanya sesekali mampu merangsek memenangi balapan. Tapi di akhir musim tetap Mercedes yang juara. Sejujurnya saya sebagai penonton mulai agak bosan Mercedes terlalu sering menang.

Verstappen (merah hitam) dan Hamilton (biru hitam) dalam balapan
 

Barulah pada musim 2021 ini Verstappen dengan mesin Honda yang sudah diupgrade berhasil memberikan perlawanan sengit untuk Hamilton. Sesengit itu hingga ketika musim 2021 menyisakan satu balapan lagi, Hamilton dan Verstappen punya total poin yang exactly sama! Hal yang baru dua kali terjadi sepanjang sejarah F1 yang sudah digelar sejak 1950an (kejadian satu lagi di tahun 1974).

Berikut adalah sistem poin yang saat ini berlaku di Formula 1, pembalap yang finish di posisi 10 besar akan mendapat poin sesuai tabel. Poin ini akan diakumulasikan sepanjang tahun. Pada tahun 2021 ini ada 22 balapan, pembalap dengan akumulasi poin terbanyak setelah 22 balapan menjadi juara dunia.

Dengan persebaran poin yang sangat disperse, jumlah balapan cukup banyak, dan jumlah pembalap yang ada (20), sungguh hampir mustahil dua pembalap punya poin yang sama persis setelah 21 dari 22 balapan terlaksana. Tapi itulah yang terjadi antara Hamilton dan Verstappen. Against all odds, menuju balapan terakhir di Abu Dhabi, keduanya punya poin 365,5!

Note: poin setengah (0.5) ada karena sempat ada balapan yang terhenti di tengah disebabkan cuaca buruk.

Hamilton adalah juara bertahan yang sudah bertahun-tahun menduduki tahta. Verstappen adalah pembalap muda (24 tahun) yang tampil sebagai penantang. Nerve menuju balapan terakhir ini benar-benar tinggi di kalangan pecinta F1. Kualitas mobil dan pembalap tidak perlu diragukan lagi, tinggal mental, strategi, dan keberuntungan yang berbicara.

Dengan poin yang sama seperti ini, siapapun yang bisa finish lebih depan satu peringkat saja (10 besar) di GP Abu Dhabi akan memastikan diri sebagai juara dunia. Winner takes all. As context, saking dominannya Hamilton di musim-musim sebelumnya, balapan terakhir seperti ini biasanya jadi formalitas saja karena poin Hamilton sudah tidak mungkin terkejar lagi apapun hasil balapannya. This season finale will be legendary.

Let's go to the track. Abu Dhabi Grand Prix 2021 dimulai Minggu 12/12 pukul 20.00 WIB. Hasil kualifikasi hari Sabtu menentukan Verstappen start dari paling depan, Hamilton tepat di belakangnya di posisi dua. Namun ketika start Hamilton lebih cekatan dan berhasil merebut posisi ke depan. Verstappen strugling, kocar-kacir mengejar dan tampak kesulitan. 

Hamilton semakin jauh meninggalkan Verstappen. Pitstop berjalan lancar untuk keduanya. Satu-satunya drama yang terjadi di depan hanya ketika Sergio Peres (Verstappen's teammate) berhasil menahan laju Hamilton untuk beberapa saat, namun tidak cukup bagi Verstappen untuk mengejar. Semua berjalan begitu saja, Verstappen butuh keajaiban untuk bisa menyusul Hamilton. Hingga pada putaran 53 (total ada 58 putaran) keajaiban terjadi, Latifi crash menabrak dinding pembatas. Safety Car!

Highlight Abu Dhabi GP:

 
 
Hamilton is only 5 simple laps away from the title, suddenly this happens. Safety Car adalah perangkat dalam balapan Formula 1 yang diturunkan ketika ada insiden yang memerlukan evakuasi atau pembersihan lintasan. Safety Car 'mengawal' pembalap untuk menurunkan kecepatan dan tidak saling mendahului. Safety Car ini membalik jalannya balapan 180 derajat. Dibumbui keputusan kontroversial dari race steward ('wasit' dalam balapan), Verstappen berhasil menempel ketat Hamilton menjelang putaran terakhir.
 
Ketika lintasan sudah selesai dibersihkan dan balapan dilanjutkan untuk satu putaran terakhir, Verstappen siap untuk pertunjukkan yang harus dilakukan sekarang atau tidak sama sekali. Di putaran terakhir dari balapan terakhir tahun ini, Verstappen berhasil menyalip Hamilton! Hamilton dethroned! Max Verstappen Juara Dunia!! F1 world explode!

Membalap di F1 sejak umur 17, akhirnya Max Verstappen berhasil menjadi orang Belanda perjama yang menjuarai Formula 1. Luar biasa gemuruhnya internet menanggapi kemenangan Verstappen ini. Tribun oranye di Yas Marina Circuit Abu Dhabi bersuka cita.
 


Di sisi lain, garasi tim Mercedes tampak geram. Toto Wolf (Mercedes Team Principal) jelas menunjukkan ekspresi kemarahan. Mercedes merasa dirugikan dengan keputusan-keputusan race director dan race steward ketika insiden Latifi dan safety car terjadi. Mercedes melayangkan protes secara resmi. Drama yang luar biasa, bukan hanya engineering dan driving skill namun juga psikis bahkan hukum. Bukan tidak mungkin kejadian di balapan ini benar-benar sampai di meja persidangan.

Unbeliavable, arguably one of the most epic battle in sports I've ever witnessed. Feel blessed to live in this era. Two teams and two drivers are on war to be the smartest guys in the room. Pinnacle of sports. Congratulations Max Verstappen and Red Bull Honda! 




Survivorship Bias

 

Titik-titik merah pada gambar tersebut mengilustrasikan bekas tembakan pada pesawat-pesawat yang kembali ke pangkalan setelah menjalankan misi dalam perang. Terlihat titik merah terpusat di ujung sayap, pangkal sayap, dan ekor pesawat. Bagian lainnya relatif bebas tembakan. Kasus seperti ini dihadapi oleh militer Amerika pada Perang Dunia II. Berdasarkan data yang mereka himpun, kesimpulan yang diambil adalah harus dilakukan penguatan pada bagian yang banyak titik merah karena dianggap sebagai titik rawan tembakan.

Hadirlah Abraham Wald dari Columbia University dengan pendapat yang berbeda. Wald mengatakan bagian yang harus diperkuat adalah bagian yang tidak ada titik merah. Wald berpikir data titik-titik merah tersebut diambil hanya dari pesawat yang berhasil kembali ke pangkalan. Sedangkan di luar sana ada pesawat yang hilang dan jatuh kemungkinan karena tertembak di bagian yang lainnya. Dengan kata lain, tertembak pada bagian yang tidak ada titik merahnya, dan itu lebih mematikan sampai tidak bisa kembali ke pangkalan. Militer melihat pesawat yang survive saja, Wald melihat yang survive dan yang tidak.

Menyambungkan dengan isu yang hangat baru-baru ini tentang kekerasan seksual. Ada data yang menunjukkan bahwa kekerasan seksual paling banyak dilakukan oleh pacar atau mantan pacar, jauh lebih tinggi daripada suami dan anggota keluarga lain. Militer Amerika akan menyimpulkan bahwa hubungan pacaran jauh jauh jauh lebih berbahaya daripada keluarga. Benarkah?

Secara data memang tampak begitu, sama halnya titik merah bekas tembakan tadi. Tapi jangan lupa bahwa grafik diatas berisi data yang dilaporkan saja. Ada kasus yang tidak dilaporkan seperti ada pesawat yang tidak kembali ke pangkalan. Melaporkan pacar jauh lebih mudah daripada melaporkan suami, ayah, atau saudara.

Survivorship bias menyebabkan data yang benar ditafsirkan secara salah. Tidak ada manipulasi data di sini, hanya memang datanya tidak tersedia: pesawat tidak survive sehingga tidak tahu tertembak dimana, kasus tidak dilaporkan sehingga tidak terekam dalam grafik. Untuk mendapat kesimpulan yang tepat perlu kejelian dalam mengeliminasi bias ini dengan melihat konteks dan kemungkinan yang lebih luas.

 

Apa Itu Message Broker

Sebelumnya saya telah menulis tentang arsitektur monolitik dan microservices pada sebuah aplikasi atau sistem. Seperti yang saya tunjukkan sebelumnya bahwa pada arsitektur microservices, sistem dijalankan oleh banyak service terpisah. Service-service ini saling bertukar data atau message sehingga proses dalam sistem tersebut dapat dijalankan.

Pertukaran data ini dapat dilakukan secara langsung antar service. Kita ambil contoh sederhana sistem informasi di sebuah rumah makan dimana ada tiga 'komputer' masing-masing satu untuk order, kitchen, dan kasir. Data pesanan masuk dari pelanggan akan dikirimkan dari service Order ke service Kitchen untuk dasar penyajian makanan dan service Kasir untuk tagihan pembayaran.

Ketika rumah makan tersebut semakin maju, pengunjung semakin banyak, menu semakin variatif, dan pelayanan harus semakin baik, ditambahlah beberapa service untuk menunjang pekerjaan. Order sekarang dipisah jadi order reguler, ojol, dan drive-thru. Sementara di internal ditambah service Kitchen Food, Kitchen Beverages, dan Admin.

  

Nah sekarang flow transaksinya menjadi jauh lebih rumit. Service yang terlibat bertambah, secara otomatis koneksi antar service pun semakin banyak. Ditambah lagi sekarang dari Kitchen F & B ada kebutuhan untuk mengirim data ke Order untuk memberi tahu jika ada bahan/menu yang habis. Sehingga sekarang selain koneksi bertambah, arah pengiriman data juga bisa bolak balik.

Flow yang rumit seperti ini biasa disebut spaghetti flow. Banyak kelemahan dari flow yang sudah terlalu semrawut ini. Pertama sulit untuk dimaintain atau diperbaiki jika ada masalah, rawan error atau data hilang di tengah jalan, dan sulit dilakukan pengembangan. Bayangkan jika rumah makan semakin besar dan ingin menambah Kitchen Food yang kedua, maka semua service Order akan terkena imbasnya (harus ikut diupdate padahal tidak ada kesalahan).

Induk dari kebanyakan masalah ini adalah keterikatan antar service. Message Broker hadir untuk menyelesaikan masalah ini. Message broker merapikan proses pertukaran data sehingga lebih mudah dimaintain, dimonitor, dan dikembangkan. Message broker melakukan de-coupling, memisahkan masing-masing service sehingga perubahan/pengembangan di salah satu service tidak berdampak signifikan pada service lain. Berikut jadinya ketika Message Broker digunakan

Sekarang service Order tidak perlu mengirim datanya langsung ke Kitchen, Admin, dan Kasir. Instead, Order cukup meletakkannya di Message Broker. Di sisi penerima, Kitchen, Admin, dan Kasir tinggal ambil data yang sudah ditaruh di Message Broker. Tidak ada hubungan langsung antara pengirim dan penerima. Message Broker bagaikan loker tempat menaruh dan mengambil sesuatu. Perhatikan pula bahwa semua panahnya bolak-balik, artinya satu service bisa berperan sebagai pengirim dan penerima sekaligus.

Untuk lebih memperjelas lagi, message broker ini bisa dianalogikan sebagai jasa kurir pengiriman. Bayangkan kita mau kirim undangan ke 100 orang. Tanpa ada jasa kurir, kita perlu mendatangi 100 orang itu satu per satu. Dengan adanya kurir kita cukup datang ke satu tempat saja, begitu undangan kita serahkan ke kurir, ya sudah.

Di sisi penerima bayangkan kita membeli 25 barang di marketplace dari seller yang berbeda-beda. Lebih enak mana kita menunggu dan membukakan pintu untuk satu-satu seller datang membawakan barang yang kita beli di waktu yang berbeda-beda, atau kita menunggu satu kurir saja teriak pakeeet sambil bawa tumpukan segunung barang yang kita beli?  

Konsep message broker seperti ini lah yang digunakan oleh Apache Kafka. Kafka adalah salah satu product message broker yang sekarang ini banyak digunakan di berbagai bidang. Dalam Kafka, pengirim disebut Producer, penerima disebut Consumer, dan data disimpan dalam kotak-kotak yang disebut Topic. Saya akan menjelaskan seputar Apache Kafka ini pada bagian berikutnya.

Sekian.




Cara Mencairkan Dana dari PayPal ke BCA

PayPal adalah dompet digital dan metode pembayaran digunakan secara internasional. Dikarenakan demografi penggunanya yang tersebar di seluruh dunia, PayPal biasa digunakan untuk transaksi lintas negara seperti jual beli di marketplace luar negeri atau pembayaran fee freelance. PayPal bisa digunakan di Indonesia, bisa diakses secara legal, dan dapat dihubungkan dengan rekening bank lokal. 

PayPal dapat digunakan untuk mengirim dan menerima dana. Kita bisa topup dan withdraw dari rekening bank lokal. Pada artikel kali ini saya akan menuliskan cara mencairkan dana dari PayPal (USD) ke rekening tabungan BCA (IDR).

Bismillahirrahmanirrahim..

1. Sebelum menggunakan PayPal, pengguna perlu membuat akun. Pembuatan akun dapat dilakukan melalui website PayPal. Secara umum pembuatannya mudah dan straight-forward, detail yang diminta untuk dimasukkan pun tidak sulit.

2. Setelah akun aktif dan melakukan transaksi dimana pengguna mendapat transfer dana/punya saldo, pengguna dapat masuk ke kolom Wallet. Disini dapat dilihat jumlah saldo dan akun bank yang terhubung.


3. Jika baru pertama menggunakan dan belum ada bank atau card terhubung, klik Link a bank atau Link a card. Selanjutnya masukkan detail rekening atau kartu kredit. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kalau mau punya PayPal harus punya credit card, dari sini terjawab bahwa tidak harus, kita bisa pakai rekening debit biasa. Pada gambar di atas bisa dilihat saya telah menghungkan rekening BCA dan BNI.

4. Setelah rekening bank atau kartu sudah set, berikutnya kita bisa melakukan withdrawal atau penarikan dana. Kembali ke Wallet, pada bagian PayPal balance klik Transfer funds

 5. Selanjutnya pilih bank/card tujuan transfer. Ada catatan bahwa untuk bank dana akan masuk ke rekening dalam 2-4 hari kerja, we'll see on that later. Abaikan 'Checking' (giro) di depan nomor rekening ya, dananya akan masuk ke rekening tabungan kok. Klik Next

6. Masukkan nominal yang akan ditarik (dalam dollar). Disini saya withdraw semua saldo, USD305. Klik Next

7. Masuk ke halaman Review Transfer. Periksa kembali jumlah transfer, rekening tujuan, serta yang penting disini adalah kurs konversi ke rupiah. PayPal memang tidak mengambil Fee, PayPal ambil untung dari selisih kurs jual dan beli. Dapat dilihat total dana yang akan masuk ke rekening. Klik Transfer <nominal> IDR Now


8. Finish Transfer, notifikasi bahwa transfer telah diproses, namun kita harus menunggu review dari pihak bank sampai dana masuk ke rekening. Klik Done


9. Kita bisa lihat Status Transfer. Enaknya PayPal adalah kita bisa selalu men-track transaksi sehingga tidak terkesan dana hilang karena sudah terdebet dari PayPal tapi belum masuk rekening. Secara eksplisit PayPal memberikan estimasi bahwa dana akan masuk 25 November pukul 14:59 maksimal.

10. Cek mutasi rekening BCA untuk melihat apakah dana sudah masuk. Meskipun diestimasi akan masuk dalam 2-4 hari, withdrawal ini sudah masuk ke rekening setelah 1 hari kerja saja, Hal ini tergantung pada banyak faktor. Withdraw pada weekend atau hari libur akan memakan waktu lebih lama. Hal yang perlu diingat adalah PayPal menggunakan kalender US sehingga mungkin saja memiliki public holiday yang berbeda dengan Indonesia.


Sekian rangkuman step by step cara mencairkan dana dari PayPal ke rekening BCA. Semoga membantu teman-teman yang perlu melakukan transaksi serupa. Transaksi saya melalui PayPal memang belum banyak, masih bisa dihitung jari. Tapi sejauh ini dana selalu masuk sebelum waktu estimasi dan tidak ada drama-drama, alhamdulillah. PayPal juga punya aplikasi yang memudahkan kita untuk transaksi, cek saldo, atau cek status penarikan dana.

Sekian,

Chandra





 




Setahun Menikah

Menikah setahun berasa mendewasa tiga tahun, itulah yang saya rasakan. Kalau kita main game, sering kali ada item, karakter, atau map yang baru bisa terbuka setelah memenuhi syarat tertentu. Syaratnya bisa capaian level, poin, atau penyelesaian suatu misi. Buat saya menikah ada miripnya dengan itu. Menikah seperti satu check point yang membuka hidup baru.

Banyak pintu yang tertutup ketika menikah, tapi lebih banyak yang terbuka. Meskipun sebelum menikah sudah tanya-tanya, tetap saja banyak kagetnya. Sepertinya memang tidak ada template berkeluarga itu caranya seperti apa. Justru karena itu naik turunnya jadi lebih seru.

Menikah adalah lompatan terbesar yang pernah saya lakukan seumur hidup. Lebih besar daripada masuk SMP di 'kota' dan merantau ke Bandung, those feel so trivial now. Begitu banyak hal baru yang saya lihat dan alami, sebagiannya butuh waktu lumayan untuk cope with it. Sekarang setelah setahun alhamdulillah beberapa hal mulai sorted. Waktu terasa lebih cepat berlalu dengan ringan.

Salah satu nilai yang saya dapatkan pasca menikah adalah bahwa kebanyakan urusan dalam hidup itu sifatnya maraton, bukan sprint. Mungkin sudah banyak ditulis di buku-buku motivasi, tapi setelah menikah saya makin menerima itu karena merasakannya sendiri. 

Berusaha melakukan segalanya serba cepat akan melelahkan, hasil yang didapat pun belum tentu kokoh. Lebih baik membangun pondasinya dulu supaya kalau sudah sampai di tujuan akhir, hasilnya lebih konkrit dan memuaskan karena dibangun melalui proses yang anggun. Kadang kita terlalu memaksakan untuk stay relevant.

Menikah itu di awal-awal seperti mandatory retreat. Kita perlu mundur dari cara hidup yang populer dan mungkin kelihatan keren untuk belajar hal-hal basic yang selama ini belum terasah karena belum diperlukan. Untuk orang yang susah belajar kalau tidak ada tuntutan, hal ini sangat membantu. Saya tidak self proclaim bahwa setelah setahun menikah saya jadi pribadi yang lebih baik. Saya hanya merasa, for the first time, for real, telah melakukan sesuatu.