Medium



Selain pajak STNK, domain blog ini juga minta diperpanjang tiap Februari. Saya merasa perlu karena buat saya domain (dot)id ini jauh lebih bagus daripada domain blogspot versi free-nya yaitu nurohmanchandraaa.blogspot.com. Sangat tidak catchy bukan? Tapi itu yang tersedia dulu. Maka tidak apa lah saya bayar ke providernya tiap tahun. 

Karena sudah bayar, saya berniat menjadikan blog ini salah satu wajah digital saya. Oleh karenanya saya berusaha untuk meng-update secara rutin konten yang ada disini. Kontennya pun harus pantas untuk konsumsi publik namun tetap merepresentasikan saya, nggak terlalu macak jadi orang lain. 

Sebagai orang yang sering mendapat pelajaran berharga dari membaca tulisan orang, saya pun berharap blog ini bisa berguna buat orang lain. Kalaupun bukan berupa inspirasi yang life-changing atau renungan yang menyadarkan, minimal ada satu dua info yang didapat dari sini lah. 

Image yang ingin saya tampilkan disini saat ini tentu berbeda dengan waktu masih mahasiswa dulu. Hobi dan perhatian saya pada pengetahuan juga berubah seiring berjalannya waktu. Influence yang saya terima dari sekitar juga berganti-ganti. Oleh karenanya isi dan ambience blog ini dinamis.

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Saya coba lakukan itu dengan menulis 'ilmu' disini, baik dulu seputar penerbangan sampai sekarang lebih banyak tentang IT. Harapannya selain manfaat buat saya, tulisan itu bisa juga dibaca orang lain dan terindeks di google sehingga bisa dibaca teman-teman yang sudah terkoneksi maupun total stranger.

Tapi setelah saya observasi, blog seperti ini bukanlah platform yang tepat. Navigasinya sulit apalagi kalau tulisan itu sudah tenggelam, tag "Belajar IT" tidak terlalu membantu. Demand atas user experience yang effortless tidak align dengan usaha menuliskan itu di sini. Saya belum bisa merombak format blog secara drastis untuk mengakomodir itu, jadi saya putuskan untuk menuliskan di tempat lain saja.

Belajar dari beberapa teman, saya putuskan untuk menggunakan Medium. Medium memungkinkan pengguna untuk menulis sekaligus berjejaring. Di sana mudah untuk mencari informasi dan profil sesuai topic yang diinginkan. Bagi saya environment disana menarik baik dari segi platform maupun orang-orang yang sudah ada disana sebelumnya.

Sejak sebulan lalu saya memutuskan untuk mulai menulis di Medium. Pelan-pelan saya tambah postingannya di sela-sela waktu. Semoga konsisten ya hehe. Sementara baru ada 3 tulisan, kindly visit medium.com/@chandranurohman semoga bermanfaat.

Thank you!!

 

0 comments :

Post a Comment