Job Interview


Beberapa waktu yang lalu saya meng-interview seorang kandidat, freshgrad lulusan teknik informatika sebuah kampus swasta. Selama kuliah kelihatan banget dia going the extra miles, melakukan lebih banyak daripada yang diminta. Ada beberapa project sampingan yang meaningful, bahkan satu diantaranya sudah monetized. Skillsetnya komplit, portofolionya rapi, dan bisa nulis. Dia bisa dan mau. No brainer dia diterima dan sekarang sudah sign.

Lain waktu ada dua kandidat yang diajukan untuk posisi yang lain. Tidak se-bright yang satu tadi memang, tapi dua-duanya capable dan memenuhi kualifikasi. Sayangnya slot yang tersedia hanya satu, mau tidak mau satu diantaranya harus digugurkan. Sayang memang, andai dia apply di waktu yang lain dia bisa diterima. Karena ada kejadian saat tim sedang sangat butuh orang malah yang apply minim, terpaksa menerima kandidat seadanya.

Sejak diamanahi untuk berhak menginterview, saya justru belajar lebih banyak tentang interview itu sendiri. Saya bisa melihat dari point of view user. Tapi di luar itu saya jadi tahu bahwa kapan kita apply sebuah posisi juga menentukan chance kita mendapatkan posisi itu. Urgensi dan kompetitor adalah fungsi waktu, kondisinya berubah terus dan kita sebagai orang luar biasanya tidak tahu. Hardskill, teknik interview, strategi nego gaji, dan technical/psikotest bisa dipersiapkan, tapi masalah momentum ini di luar kendali kita. Faktor doa dan rejeki pengaruhnya besar banget disini.

Anyway, bicara soal job opportunity, ada titipan dari teman yang kerja di Astro Indonesia (astronaut.id) untuk beberapa posisi: Front-End Engineer, Back-End Engineer, DevOps Engineer, dan Android/iOS Engineer. Levelnya yang dicari untuk Senior (exp. 2 years) dan Lead (exp. 5 years). Untuk Tech Team mekanisme kerja hybrid wfh-wfo. Kantornya ada di daerah Tomang dekat Taman Anggrek. 

Detailnya bisa cek disini: Tech Team Open Position

Saya share disini barangkali pembaca ada yang minat atau punya teman yang sedang mencari opportunity di bidang ini. Kelihatannya lumayan urgen ya jadi semoga peluang dipanggil cukup besar. Jika berminat bisa hubungi saya, nanti saya hubungkan dengan teman saya yang bisa kasih referral. Catatan: tulisan ini bakal lama online tapi tentu lowongannya bisa closed kapan saja ya. Thank you!





0 comments :

Post a Comment