Wordle


Wordle punya satu kata jawaban setiap harinya yang diperbarui pukul 00:00 waktu setempat masing-masing pengguna. Di tempat dan zona waktu yang berbeda waktu pengerjaan pun berbeda. Tapi nyaris tidak ada yang membocorkan jawabannya sebelum ganti hari berikutnya.

Wordle fokus pada menyelesaikan, bukan mengalahkan. Targetnya adalah menemukan kata jawaban dalam maksimal enam tebakan, bukan cepat-cepatan. Tidak ada leaderboard antar pengguna atau analisis persentil kita di posisi berapa. Yang ada hanya statistik pribadi jawaban kita sebelumnya.

Tidak peduli berapa kotak hitam, kuning, dan hijau yang terbuka sebelumnya selama jawaban yang benar didapatkan. Setiap pilihan kata akan mempengaruhi pilihan kata berikutnya. Mencontek sama sekali tidak ada gunanya, bahkan menarik pun tidak. Menemukan jalan menuju jawaban adalah letak kesenangannya.

Wordle sangat sederhana, bahkan bisa direplikasi semua fungsinya di Microsoft Excel. Tapi diskusi dan forumnya sangat hidup dan berisi. Ada yang serius membuat kajian secara matematis kata apa yang terbaik untuk memulai. Ada yang melihat dari sisi budaya ketika orang Irlandia diduga paling tidak masalah dengan 'TACIT'. Ada yang mengutuk karena gagal menjawab 'KNOLL' atau 'VIVID'.

Wordle punya sedikit aturan, namun sangat lugas. Ia seperti jaringan jalan di perkotaan yang didesain dengan sangat baik dan efisien sehingga tidak perlu banyak rambu-rambu untuk membuat orang patuh.

Wordle sangat berpengaruh, konsepnya diadopsi untuk permainan serupa dengan basis atau bahasa yang berbeda. Di Indonesia ada Katla dan Kotla yang banyak dimainkan. Mungkin pada dasarnya manusia perlu permainan seperti ini: adventurous secara sederhana, memberi ruang untuk pendapat yang berbeda, inklusif bagi siap saja dan mengakomodir banyak selera, serta memberikan sense of accomplishment ketika menyelesaikannya lalu membagikannya dengan beberapa klik saja.


0 comments :

Post a Comment