Perpanjang SIM di SIM Keliling ITC BSD


Angkatan 95-96 yang punya SIM di umur 17 atau 18, siap-siaplah tahun ini untuk perpanjang SIM. Karena kalau sampai masa berlaku habis harus buat baru, lebih repot dan mahal. Meskipun tetap bukan aktivitas yang menyenangkan, setidaknya kini banyak layanan SIM keliling atau gerai SIM yang dibuka. Karena weekend ini masa berlaku SIM habis, saya harus cari dimana bisa perpanjang SIM di sekitar Tangsel atau Tangkot. Dari Twitter saya dapat informasi berikut





Hari ini, Senin (27/2) saya meluncur ke ITC BSD. Disini saya coba share ya proses perpanjangan SIM-nya, berapa biaya yang dikeluarkan, berapa lama prosesnya, dan apa yang perlu disiapkan.

Sebelum masa berlaku habis, pastikan cek dimana ada layanan SIM keliling di sekitarmu. Di Jabodetabek dan berbagai daerah lumayan banyak sampai level kecamatan, jadi harusnya ada yang dekat dengan tempatmu. Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua tempat SIM keliling buka setiap hari. Pastikan cek hari dan jam layanannya. Untuk dokumennya, bawa SIM asli yang mau habis masa berlaku, fotokopi KTP 3 buah, dan pulpen. Di lokasi biasanya ada jasa fotokopi dan jual pulpen, tapi lebih mahal.

Usahakan datang agak awal karena blangko di lokasi bisa jadi terbatas. Saya tadi tanya ke petugas, hari ini di ITC BSD sedia 200 form. Saya sampai di lokasi pukul 10.20 dan dapat urutan ke 75. Secara umum alur dan proses di lokasi cukup jelas. Berikut rincian prosedur yang saya lakukan untuk perpanjangan SIM

10:20 - sampai lokasi, ambil formulir
10.30 - selesai isi formulir dan mendengar penjelasan
10.35 - selesai cek kesehatan
10.45 - selesai isi soal psikotes
11.20 - selesai foto, antri agak lama
11.25 - SIM dapat diambil

Dari awal sampai SIM selesai butuh waktu 1 jam lebih sedikit. Masih aman lah bisa perpanjang SIM dengan ijin atau cuti setengah hari.


Untuk biayanya sendiri, total yang dikeluarkan 220 ribu dengan rincian sebagai berikut
- registrasi: 130 ribu 
- cek kesehatan: 30 ribu
- psikotes: 60 ribu
Kalau belum bawa fotokopi KTP atau pulpen, di lokasi ada yang jual masing-masing 5000. Ada jasa laminasi SIM juga seharga 10 ribu, tidak wajib.

Bagaimana menurutmu apakah mahal atau normal? Registrasi dan cek kesehatan masih make sense, tapi psikotes ini syarat tambahan yang ngadi-ngadi menurut saya biayanya. Padahal hanya formalitas mengerjakan 35 soal yang sudah jelas jawabannya dan pasti lolos.

Proses untuk SIM A dan C sama, hanya ada selisih 5 ribu untuk biaya registrasinya. Secara umum pengalaman perpanjangan SIM di ITC BSD baik. Prosesnya cepat, efisien, dan ada arahan yang jelas. Lokasi SIM keliling di ITC BSD ada di parkir GF, cukup mudah untuk dicari. 

Terimakasih, semoga bermanfaat

Chandra

0 comments :

Post a Comment