Cap Besar-Besar ala Samsat



Saya itu heran waktu menerima hasil cek fisik ini. Sudah 2023 kok masih kaya begini bentuknya ya. Di form ini banyak isian tapi malah nggak perlu diisi, ada ceklist di bawah tapi dicoret begitu saja, malah yang ada kertas formnya dihujani cap gede-gede dengan posisi nggak beraturan. Tentu di belakang kertas ini ada lembar fotokopian KTP, STNK, dan BPKB.

Tapi jangan salah, pelayanan Samsat Ciledug ini sebenarnya tidaklah buruk. Prosesnya cepat, petugas komunikatif dalam memberikan pengarahan, teknisi cek fisik juga ramah dan cepat kerjanya. Antrian tidak panjang sehingga proses dari awal sampai selesai memakan waktu kurang dari 20 menit. Padahal prediksi saya bakal lebih dari satu jam, bahkan mungkin sampai makan siang. Dari beberapa kali saya cek fisik kendaraan, ini yang paling sat set.


Tapi masalah dari urusan per-samsat-an dan sejenisnya ini adalah flow yang nggak jelas. Kita datang ke samsat itu dalam posisi benar-benar blank harus menuju kemana. Walaupun sudah pernah ke kantor samsat tersebut, beda urusan bisa beda jalurnya. Penunjuk arah lokasi cek fisik dan loket memang ada, tapi kita nggak tahu harus kemana dulu dan setelah itu kemana. Solusinya hanya dengan tanya ke petugas. Di Samsat Ciledug ini petugasnya banyak dan ramah-ramah, ini bagus, tapi di sisi lain menunjukkan bahwa flow-nya belum bisa jalan mulus dengan sendirinya, masih banyak campur tangan manusia yang membuat prosesnya terasa tidak terstandar.

Mestinya hal ini bisa diperbaiki. Kita masyarakat bayar pajak juga nggak murah. Gerai fast food sekarang sudah banyak yang menyediakan opsi pesan dan bayar via digital kiosk bahkan aplikasi mobile, proses dan interaksi semakin sederhana. Sistem infomasi rumah sakit sekarang juga sudah semakin berkembang, flownya makin jelas dan sinkronisasi data berjalan baik sehingga tidak perlu berulang-ulang mendaftar atau menunjukkan identitas. 

Yok bisa yok, ini samsat yang dekat dengan ibukota lho. Yang saya paling geli masalah cap ini. Harus dibuat sebesar dan semencolok itu seolah kalau kecil nggak akan dibaca orang. Struk belanja, resi pengiriman, dan lain lain yang rapi dan efisien karena computer-generated sudah diterima luas kok sekarang. Orang juga sudah terbiasa menggunakan handphone dan internet.


But still, layanan cepat Samsat Ciledug patut diapresiasi untuk saat ini. Orang jadi tidak perlu terlalu lama meninggalkan aktivitasnya. For your info biaya cek fisik 30 ribu, tapi saya tidak dapat struk untuk ini. Semoga kelak di urusan berikutnya dengan samsat sistemnya sudah lebih baik. Terimakasih


Chandra

0 comments :

Post a Comment