Wisata Kuliner: Kangen Makan!


Sebagai penyuka makan, khasanah pengetahuan saya soal kuliner lumayan luas. Dalam rangka melampiaskan kerinduan karena tidak pulang pada lebaran kali ini, saya mau tulis list kuliner-kuliner andalan yang saya rindukan karena sudah cukup lama tidak menyantapnya. Sebagian besar ada di Jogja (dan Bantul), sebagiannya lagi di Bandung. Di Jakarta saya belum nemu kuliner yang sentimentil.

Makanan favorit yang masih bisa saya santap di Jakarta tidak saya masukkan daftar yaa..

(1-7 Jogja, 8-10 Bandung)

1. Bakmi Jawa Pak Ribut (skor 10/10)


Mie jawa andalan kalau pulang kampung. Lokasinya di pedesaan Bantul. Mie-nya juga khusus dan khas buatan Bantul, namanya mie lethek. Mie lethek ini dulu sempat hits ketika dicoba sama Obama. Menu favorit saya mie plencing. Baru dengar? Yaa, ini memang makanan endemik dari Bantul. Mak nyos beneran. Walaupun lokasinya di desa tapi ini langganan pejabat Bantul. Warungnya buka sampai dini hari dan sangat strategis buat jangongan, bukan cuma makan.





2. Mie Ayam Bu Tumini (skor 9/10)



Mie ayam paling terkenal di Jogja. Warung pusatnya di dekat Terminal Giwangan selalu penuh sampai harus berbagi kursi sama pengunjung lainnya. Mie ayam-nya berjenis mie ayam manis, which is lebih saya suka daripada mie ayam asin yang banyak di Jakarta. Cobain mie ayam Bu Tumini dan kamu akan menemukan standar enak yang baru untuk suatu mie ayam. 





3. Bakso Pak Jenggot Pasar Beringharjo (skor 8/10)


Lokasinya di Pasar Beringharjo, sekomplek sama titik nol kilometer Jogja, malioboro, alun-alun utara, keraton, taman pintar, Vredeburg, dll. Saya sarankan kalau kamu jalan-jalan ke tempat-tempat itu sempatkanlah makan siang di bakso pasar ini. Agak susah menjelaskan tempat persisnya karena bahkan ini warung nggak ada papan namanya. Untuk makan pun harus duduk di koridor pasar. Tapi emang soal rasa salah satu yang terbaik di Jogja untuk kategori bakso.





4. Bakso Sederhana Mbah Senen (skor 8/10)


Kalau ini bukan selera mainstream. Warung Mbah Senen ini lokasinya di dekat rumah saya jadi dulu waktu kecil kalau beli bakso ya disini. Secara rasa juara untuk sekedar tingkat Bantul selatan. Tapi lebih dari soal rasa, ada unsur nostalgia disana. Sayang beberapa tahun terakhir sepertinya agak menurun pengunjungnya.




5. Mie Ayam Wonogiri Om Karman (skor 8/10)


Lagi-lagi mie ayam ya. Tapi emang ini salah satu makanan favorit saya. Ciri khas mie ayam Om Karman mie-nya tipis dan porsinya gede. Rasanya manis walaupun nggak semanis Bu Tumini. Menurut saya yang paling mantap dari mie ayam Karman adalah bakso gorengnya. Saat ini di masa pandemi Covid-19, Om Karman menerima pesanan delivery untuk wilayah Jogja.




6. Rujak Es Krim Pak Tony (skor 8/10)

Cara makan buah paling saya sukai ya ini, rujak eskrim Pak Toni. Bapaknya buka lapak di perempatan Masjid Agung Bantul, tepatnya di seberang swalayan Purnama. Dulu beliau pakai gerobak, sekarang pakai tossa tapi merk Viar. Jajanan favorit saya waktu dulu pulang sekolah jaman SMA. Sayang karena non permanen jadi saya tidak berhasil mendapatkan fotonya, di google juga tidak terindeks. Pak Toni jualan mulai dzuhur sampai ashar. Jadi kalau siang-siang kamu posisi di Bantul bisa datang ke tempatnya dekat masjid agung, pasti ketemu. 


7. Kedai Steak (skor 8/10)


Secara nama jelas Waroeng Steak (WS) jauh di atas Kedai Steak sebagai sesama brand steak asal Jogja. Tapi karena pertama kali saya kenal steak dari Kedai Steak jadi ada unsur nostalgianya disini. Secara rasa nggak kalah sama WS, malah lebih dermawan dalam hal ngasih brown sauce. Lokasinya ada di dekat perempatan Gose, Bantul.



8. Nasi Kuning Langganan (skor 10/10)


Tidak bisa tidak yang satu ini pasti masuk hitungan. Tempat saya sarapan hampir setiap hari selama enam tahun bersama teman sejawat sekosan. Lokasinya di Jalan Cisitu Indah VII Dago dan buka hanya pagi hari. Karena nggak ada nama resminya jadi saya tulis 'langganan' aja. Yang paling saya suka sambelnya, selalu minta dobel dari yang biasa. Awal tahun 2017 saya sempat menulis soal bapak dan ibu penjual nasi kuning ini, klik disini: Nasi Kuning,



9. Ayam Geprek Buncit (skor 8/10)

Tenant paling sering saya datangi kalau makan siang di Tamansari Food Fest alias Tamfest, salah satu foodcourt tempat makannya mahasiswa ITB. Ayam geprek bakarnya terbaik buat saya. Ada beberapa merk lain yang membuat inovasi ayam geprek bakar tapi punya Buncit ini tetap yang nomor satu. Harganya ramah mahasiswa pula plus nasi dan es teh ambil sendiri.




10. Nasi Goreng NKA Cisitu (skor 8/10)


Dari sekian nasi goreng di sekitaran Cisitu dan ITB, ini nasi goreng paling enak dan variatif. Yang jualan namanya Mas Joko, ngapak, fans berat Barcelona. Menunya banyak banget bisa pilih sesuai selera. Ada mie dan nasi, variasinya mulai dari yang biasa, toping parutan keju, sampai yang pakai tinta cumi. Menu favorit saya mie goreng keju dan nasi goreng omelet. Dari Mas Joko ini saya dapat tips kalau masak telur dadar pas dikocok tambahin susu ultra putih dikit, hasilnya telur jadi lembut,




Honorable Mentions:
Soto Rejeki, Palbapang Bantul
Bakmi Jawa Pak Suki, Sanden Bantul
Es Oyen, Bejen Bantul
Mister Burger (burger paling enak, nggak ada di Bandung dan Jakarta)
Gudeg Bu Hj Amad, UGM
Seblak Mema, Plaza Core UNY
Ayam Goreng Bu Tini, Gondomanan Jogja
Ayam Goreng Bu Mur, Pacar Bantul
Tempo Gelato (milenial yang main ke Jogja pasti tahu)
Bebek Suwarni, Klaten
Seblak Merah Ganesha, depan ITB
Seblak Bengkel, Cisitu
Warung Cobek WCO, Cisitu
Warung Sambal Jeletot, dekat Masjid Raya Bandung


Apa lagi ya . . ?






0 comments :

Post a Comment