Para Penyelamat



Kalau ada kesempatan ngobrol sama orang soal pekerjaan, saya ingin sekali ngobrol dengan orang-orang yang bekerja di lembaga yang menyelamatkan binatang terlantar dan melakukan pelepasliaran satwa. Sejak mengikuti akun twitter The Dodo saya jadi tertarik tahu lebih jauh tentang orang-orang ini. Tapi meski begitu saya tidak tertarik menggeluti profesi ini, berat rasanya bagi saya kerja begitu.

Hari ini saya juga nonton Simon si Snake Man di Nat Geo Wild. Saya adalah orang yang biasanya jijik dengan ular bahkan untuk sekedar lihat di layar. Tapi aksi Simon ini menarik dan ikut senang melihat kepuasan  terpancar dari wajahnya setelah mengevakuasi ular lalu melepaskannya di alam bebas, priceless.

Begitu pula mereka yang pekerjaannya mengevakuasi, menampung, mengobati, lalu melepasliarkan binatang buas yang sebelumnya jadi pemain sirkus. Raut wajahnya tampak sangat bahagia ketika misinya tercapai dan semua selamat. Melihat beruang, singa, dan harimau malu-malu menginjak tanah bebas dan berkubang dalam kenangan untuk pertama kalinya membuat semua yang melihat tersenyum.

Kalau ketemu saya ingin tanya apa yang mereka dapatkan dari pekerjaan itu. Saya menduga jawabannya adalah kepuasan batin yang luar biasa. Mereka bekerja di medan yang berat, sering keluar masuk hutan dan naik turun gunung. Punya resiko tinggi berhadapan dengan binatang buas yang sedang stres. Atau resiko ketemu ular dan sejenisnya ketika masuk hutan.

Dalam aktivitas tertentu bisa kerja 24 jam dan berminggu-minggu tidak pulang ke rumah. Di sisi lain pengakuan dan penghargaan yang mereka terima kadang tidak sebesar apa yang mereka korbankan. Namun seiring berjalannya waktu kesadaran untuk mengosongkan kandang-kandang sirkus semakin tinggi. Di negara maju bahkan binatang sirkus sudah digantikan dengan hologram.

Tidak usah berlama-lama ya, saya menulis ini untuk ngajak nonton video-video heartwarming perjuangan para penyelamat demi kesejahteraan satwa ini


















Masih banyak lagi di YouTube dan Twitter, itu beberapa saja yang sudah saya tonton dan menurut saya bagus. Respect untuk organisasi-organisasi yang rajin keliling dunia menyelamatkan binatang-binatang yang mendapat perlakuan tidak semestinya serta orang-orang yang berdonasi guna mendukung terlaksananya misi-misi ini,

Kalau binatang-binatang itu dapat bicara entah apa yang akan dikatakan pada para penyelamatnya


@chandranrhmn

0 comments :

Post a Comment