Review Film MIB International




Kalau kalian seperti saya dalam hal belum nonton film-film MIB sebelumnya, nggak usah khawatir film ini tetap bisa dinikmati. Dari desain posternya sudah bisa dilihat bahwa duet Thor dan Valkyrie adalah jualan film ini. Sudah pernah bermain bersama sebelumnya di MCU membuat mereka tampak klop walaupun secara komedi masih kurang jenaka. Genre action-comedy yang ditawarkan film ini baru mulai nyala setelah munculnya Pawny.

Agent H digambarkan Thor banget. Ini bukan keputusan yang buruk mengingat persona Chris Hemsworth sudah sangat melekat dengan Thor. Mungkin daripada mau menjadi orang yang berbeda tapi Thor-nya kebawa-bawa mending dibuat sangat Thor sekalian. Lagian bisa dipastikan sebagian besar yang nonton MIB juga nonton Endgame kemarin, jadi tidak mungkin tidak tahu siapa itu Thor.

Untuk Agent M, salah satu yang saya suka dari film ini adalah cerita perjalanan Molly hingga bisa bergabung dalam Men In Black. Pas, tidak membuang durasi, dan heroiknya dapat. Ketika mengenakan setelan jas MIB Agent M juga tampak punya wibawa.

Justru yang kurang adalah pengenalan konflik manusia-alien dan mata-mata di MIB. Seperti belum panas tahu-tahu tokoh protagonisnya sudah menang. Main battle-nya juga terlalu singkat dan straight forward. Padahal kalau dieksplor lebih jauh hubungan manusia-alien ini bisa menjadi premis yang menarik. Selain itu kebebasan untuk 'mendesain' alien juga bisa dimanfaatkan dengan membuat creature yang menarik perhatian dan adorable seperti Tarantian kecil. Sayangnya di MIB hal ini kurang dibuat nendang.

MIB International menggunakan template film action comedy yaitu dua tokoh utama berusaha menyelesaikan kasus tetapi usahanya terganggu oleh adanya musuh dalam pihak sendiri. Jadi teringat Rush Hour-nya Jackie Chan, persis. Bedanya kalau Lee dan Carter mengandalkan bela diri, Agent H dan Agent M menggunakan senjata-senjata canggih. Senjatanya keren-keren imho.

Sebagai penggemar film action comedy tentu saya tidak akan melewatkan film MIB ini. Walaupun secara cerita tidak matang-matang amat tetapi cukup menghibur. Sebuah film ringan yang cocok ditonton untuk mengisi waktu libur, Plus supaya kita tahu MIB itu apa jadi kalau ngobrol tentang MIB lama tidak benar-benar buta.


0 comments :

Post a Comment